Minggu, 07 Maret 2010

Bab 8. Membuat Lembar Kerja Menggunakan Program Lembar Kerja

A. Membuat Lembar Kerja

1. Membuat Lembar Kerja Baru
Saat pertama kali membuka program Microsoft Excel, secara otomatis akan terbuka sebuah workbook baru yang masih kosong.

2. Memasukkan Data
Untuk memasukkan data ke dalam lembar kerja, dapat dilakukan dengan menggunakan mouse atau tombol tanda panah pada keyboard untuk berpindah antarsel.

3. Menghapus data
pada saat bekerja pada Microsoft Excel, ada kalanya kita salah memasukkan data. Apabila data yang diketikkan belum masuk ke dalam sel maka data dapat diperbaiki dengan menekan tombol Backspace pada keyboard. Tetapi bila data sudah masuk ke dalam sel, dapat dilakukan dengan cara memblok sel yang akan dihapus lalu tekan tombol delete pada keyboard.

4. Bekerja dengan Sel
Pada saat bekerja dengan Microsoft Excel, kita tidak hanya belerja dengan satu sel saja, tetapi beberapa sel sekaligus.

5. Menyimpan Lembar Kerja
Setelah workbook selesai dibuat,selanjutnya dapat disimpan ke media penyimpanan seperti harddisk, disket, atau media penyimpanan lainnya.

B. Menggabungkan Dua Lembar Kerja atau Lebih

Pada saat membuka buku kerja baru pada Microsoft Excel, secara default setiap buku kerja baru akan berisi tiga lembar kerja dengan nama sheet1, sheet2, sheet3.
ketiga lembar kerja tersebut dapat digunakan untuk embuat suatu buku kerja yang akan disimpan dalam satu nama file.

Pada saat bekerja dengan Microsoft Excel, kemu dapat memilih beberapa lembar kerja sekaligus. Hal ini akan memudahkan pembuatan buku kerja yang membutuhkan bentuk laporan dengan format yang sama agar tidak perlu membuat laporan yang sama secara berulang.

C. Memasukkan Teks, Tanggal, dan Bilangan

Untuk memasukkannya kedalam lembar kerja, dapat dilakukan dengan memilih sel dimana data tersebut akan dimasukkan, selanjutnya ketikkan data dan tekan tombol Enter atau Tab pada keyboard.

D. Memformat Sel

pengaturan format dilakukan melalui menu Fomat Cells dan selanjutnya membuka tab Number pada kotak dialog Format Cells.

E. Menggabungkan Sel

Penggabungan dua atau lebih sel dapat dilakukan secara horisontal, vertikal, maupun gabungan keduanya. Penggabungan beberapa sel akan menghilangkan batas kolom dan baris dari sel tersebut dan sebagai gantinya sel-sel tersebut akan berupa suatu sel yang lebih panjang atau lebih lebar.

F. Memformat Baris dan Kolom
* Mengatur Tinggi Baris
* Mengatur lebar kolom
* Menyembunyikan baris atau kolom

G. Memindahkan dan Menyalin Data

1. Memindahkan Data, adalah menghapu data yang terdapat pada suatu tempat atau sel dan menepatkannya ditempat sel yang lain. Untuk menghapus dan memindahkan data, digunakan perintah Cut dan Paste.

2. Menyalin Data, Menyalin data pada dasrnya sama dengan memindahkan data, tetapi data yang terdapat pada posisi awal tidak akan dihapus. Untuk menyalin data digunakan perintah Copy dan Paste.

3. Menggunakan Paste Special, fasilitas Paste Special mempunyai beberapa pilihan yang dapat digunakan untuk menyalin sekaligus menjalankan perintah penjumlahan, pembagian, perkalian, dan perintah lainnya.
Selain itu perintah Paste Special juga mempunyai perintah untuk memilih apa yang akan disalin. Untuk menggunakan Paste Special, lakukan perintah pengkopian terlebih dahulu menggunakan fasilitas Copy atau Cut kemudian tekan tanda panah kecil yang terdapat disebelah kanan.

Bab 7. Mengidentifikasi Perangkat Lunak Lembar Kerja Beserta Fungsi Ikon Dan Menunya

A. Manfaat Program Lembar Kerja

Program lembar kerja mempunyai kemampuan dasar seperti untuk membuat,mengedit,dan mengatur format lembar kerja. Microsoft Excel XP merupakan salah satu program lembar kerja yang populer.

Microsoft Excel dapat digunakan untuk membantu dalam melakukan pengolahan angka-angka untuk membantu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan pada berbagai bidang. Microsoft Excel XP dilengkap dengan kemampuan untuk menghitung dengan menggunakan rumus dan membuat grafik. selain itu juga dilengkapi fasilitas hyperlink yang dapat digunakan untuk membuka dan mengaktifkan data atau informasi yang terdapat pada lembar kerja maupun file yang berbeda,bahkan pada web tertentu.

B. Mengaktifkan Program

Untuk mengaktifkan program aplikasi Microsoft Excel, terdapat beberapa cara yang dapat digunakan, misalnya melalui menu start pada taskbar, ikon pada desktop, ikon file dengan format.xls, atau mengetik EXCEL pada kotak dialog Run. Cara untuk mengaktifkannya melalui tombol start pada taskbar, kemudian pilih All programs dan Microsoft Excel.

C. Menggunakan Menu Pada Microsoft Sxcel

Menu standar dari Microsoft Excel terdiri atas menu file, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Window, dan Help.

* Menu file adalah menu yang berisi perintah-perintah untuk mengolah buku kerja(workbook) Microsoft Excel.
* Menu Edit merupakan menu yang digunakan untuk melakukan beberapa perubahan pada dokumen atau lembar kerja yang sedang aktif.
* Menu View merupakan menu yang berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan lingkungan dan lembar kerja pada Microsoft Excel.
* Menu Insert merupakan menu yang perintah-perintah yang diperlukan untuk melakukan penyisipan pada lembar kerja.
* Menu Format merupakan menu yang berisi kumpulan perintah yang digunakan untuk mengatur format dasar dari lembar kerja.
* Menu Tools berisi perintah-perintah yang digunakan untuk melakukan pengecekan ejaan, pengaturan workbook agar dapat digunakan oleh pengguna komputer lain.
* Menu Data tediri atas perintah-perintah yang digunakan untuk pengolahan data yang terdapat pada lembar kerja.
* Menu Window digunakan untuk mengatur jendela kerja dari MS Excel yang sedang aktif.
* Menu Help merupakan menu bantuan untuk mencari informasi yang diperlukan pada saat bekerja dengan Microsoft Excel.

D. Ikon pada Microsoft Excel

Ikon-ikon diwakili dengan simbol atau gambar yang merupakan gambaran dari suatu perintah. Sebagai contoh, ikon print digambarkan dengan gambar printer. Ikon-ikon pada Microsoft Excel dikelompokkan dalam toolbar, dimana secara default toolbar yang ditampilkan oleh Microsoft Excel, yaitu toolbar Standard dan toolbar Formating yang terletak di bawah menu bar.
Ikon-ikon pada toolbar Standard terdiri dari fungsi-fungsi dasar dari Microsoft Excel.
toolbar Formating terdiri atas ikon-ikon yang berfungsi untuk menjalankan perintah-perintah untuk mengatur format dasar dari dokumen.