Jumat, 11 Juni 2010

KELAS X BAB 4. Mengenal Macam-macam Jaringan Komputer

A.JARINGAN KOMPUTER

Konsep awal jaringan komputer : adanya kebutuhan untuk saling berbagi informasi dan sumber daya yang dimilki oleh setiap komputer.
Jaringan Komputer adalah suatu kumpulan computer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan atau dapat juga didefinisikan sebagai suatu interkoneksi dari beberapa system computer yang berada dalam lokasi yang berbeda.
Jaringan computer mengizinkan beberapa pengguna untuk mengakses data dan program secara bersamaan.Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel ( wireless ) sehingga dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama menggunakan hardware dan software yang terhubung dengan jaringan.Setiap computer, printer atau peripheral yang terhubung dengan jaringan disebut node.

Manfaat yang diperoleh dengan membangun jaringan computer :
1. Berbagi sumber daya ( sharing resources )
Bertujuan : agar seluruh program, peralatan, atau peripheral lainnya yang dimanfaatkan oleh setiap orang yang menggunakan jaringan computer tanpa pengaruh oleh lokasi maupun pengguna lain.
2. Media Komunikasi
Jaringan computer memungkinkan terjadinya komunikasi antarpengguna, baik untuk teleconfence maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting.
3. Integrasi data
Data yang terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan pengguna untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.
4. Pengembangan dan pemeliharaan
Pengembangan peralatan dilakukan mudah dan menghemat biaya.Jaringan computer dalam merawat harddisk misalnya, untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus pengguna cukup memusatkan pada harddisk yang terdapat dalam computer pusat ( server ).
5. Keamanan Data
Sistem jaringan computer dapat memberikan perlindungan terdapat data.teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.
6. Sumber Daya lebih efisien dan informasi terbaru
Data atau informasi yang diakses selalu terbaru karena setiap terdapat perubahan yang terjadi dapat segera diketahui oleh setiap pengguna.
7. Reliabilitas tinggi
Semua file dapat disimpan atau di-copy ke dua,tiga atau lebih computer yang terhubung dengan jaringan, sehingga apabila salah satu mesin rusak maka salinan di mesin yang lain dapat tetap digunakan.



B.Mengindentifikasi Macam-macam Jaringan Komputer

Berdasarkan jarak dan area kerjanya, jaringan computer dibedakan menjadi tiga kelompok yaitu :

Local Area Network ( LAN ), Metropolitan Arean Network ( MAN ), Wide Area Network ( WAN ).
1. Local Area Network ( LAN)
Merupakan sejumlah computer dengan seperangkat pendukungnay seperti printer yang terhubung dan saling berkomunikasi dalam area tertentu yang berukuran sampai beberapa kilometer misalnya didalam satu kantor, gedung, atau kampus.LAN bukan system yang terhubung dengan lingkungan luar ( seperti Internet ) menggunakan telepon atau jalur data lainnya.Berdasarkan struktur, terdpat dua tipe jaringan LAN, yaitu peer to peer dan client/server network.

A.Peer to Peer Network
Pada jaringa peer to peer, semua node mempunyai kedudukan yang sama dengan node lainnya dan mempunyai tipe software yang sama mendukung pertukaran sumber daya.Beberapa system operasi client seperti Windows 9x, Windows 2000 Professional, Windows Me, Windows XP, dan Macintosh mendukung jaringan peer to peer.

B.Client/Server Network
Pada jaringan client/server hanya satu computer yang bertugas sebagai server dan computer lain berperan sebagai client.Setiap computer dapat berbagi proses dan penyimpanan dengan server pusat.Contoh umum jaringan client/server adalah suatu database yang dapat diakses oleh beberapa computer yang berbeda jaringan.Database disimpan dalam server jaringan sesuai dengan program database yang digunakan.

Berdasarkan kecepatan transmisi datanya, LAN dapat digolongkan ke dalam tiga kelompok, yaitu :
- Low Speed PC Network
Kecepatannya kurang dari 1 Mbps dan biasanya diterapkan untuk personal computer.Contoh : Omninet dari Corvus Systems ( network bus ), Apple Talk dari Apple Corporation.
- Medium Speed Network
Kecepatannya antara 1 sampai 20 Mbps dan biasanya untik mini computer.Contoh: Ethernet dari Xerox, ARCnet dari Datapoint Corporation.
- High Speed Network
Kecepatannya lebih dari 20 Mbps dan biasanya diterapkan untuk mainframe computer.Contoh : Loosely Coupled Network dari Control Data Corporation dan Hyper Channel dari Network System Corporation.

Personal Area Network ( PAN ) merupakan bagian dari LAN, yaitu jaringan computer yang digunakan untuk komunikasi antara perangkat computer dengan orang yang menggunakannya.


2. Metropolitan Area Network ( MAN )
MAN pada dasarnya merupakn versi lain LAN, yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN.MAN merupakan jaringan dalam skala besar yang menghubungkan beberapa LAN.MAN biasanya menggunakan aturan kecepatan tinggi.Man dapat mencakup kota dan mampu menunjang dat dan suara bahkan dapat berhubungan dengan jaringan telepon kabel.

3. Wide Area Network ( WAN )
WAN merupakan dua atau lebih LAN yang terhubung satu sama lain,WAN mencakup daerah geografis yang luas,yaitu sebuah Negara bahkan benua.Contoh, suatu perusahaan mempunyai kantor pusat di suatu kota dan kantor pemasaran di kota lain.

C.Topologi Jaringan

Topologi Jaringan merupakan suatu gambaran cara mnenghubungkan computer satu dengan computer yang lainnya.Topologi Jaringan yang sering digunakan adalah topologi bus, star, ring, tree (hierarchy), dan mesh.

1. Topologi Bus
Menghubungkan computer satu dengan yang lainnnnya secara berantai ( daisy-shain ) dengan perantara suatu kabel yang umumnya berupa kabel tunggal jenis koaksial ( coaxcial ).Semua node dihubungkan secara seri menggunakan kabel.
Untuk menghubungkan computer ke jaringan digunakan konektor BNC.Kabel koaksial tersebut dihubungkan ke computer dengan konektor BNC tipe yang mempunyai cabang untuk dihubungkan ke kartu jaringan ( network adapter ) computer.Topologi bus digunakan untuk jaringan computer yang sangat sederhana dengak kecepatan 10 Mbsp.
Keuntungan:
- Hemat kabel dan harganya lebih murah
- Layout kabel sederhana
- Jika salah satu computer mati maka tidak akan mengganggu computer lain
- Mudah dikembangkan
Kerugian :
- Deteksi dan isolasi kesalahan yang sangat kecil
- Kepadatan lalu lintas data
- Apabila salah satu client rusak atau kabel putus maka jaringan tidak berfungsi
- Diperlukan repeater untuk jarak jauh

2. Topologi Bintang ( star )
Merupakan topologi jaringan yang paling sering digunakan.Pada jaringan ini semua computer dihubungkan dengan suatu perangkat yang disebut hub,beberapa hub disebut intelligent hubs dapat mengontrol lalu lintas pengiriman data dan membantu mencegah terjadinya collisions.Jika hub terganggu maka semua node yang dihubungkan ke hub tersebut tidak dapat saling bekomunikasi.

Hub berfungsi untuk menerima sinyal-sinyal dari suatu computer dan meneruskan ke semua computer yang terhubung dengan hub.
Keuntungan :
- Fleksibilitas tinggi
- Penambahan atau perubahan computer sangat mudah
- Kontrol terpusat
- Kemudahan deteksi dan isolasi
- Jumlah pengguna computer lebih banyak daripada topologi
Kerugian :
- Boros kabel
- Perlu penanganan khusu
- Jika konsentrator atau hub rusak maka seluruh jaringan yang berada dalam satu hub akan rusak.

3. Topologi Lingkaran ( Ring )
Topologi ini mirip dengan topologi bus, tetapi ujung-ujungnya saling berhubungan membentuk suatu lingkaran.Topologi ring menghubungkan node-node pada jaringan dengan membentuk lingkaran dengan cara setiap node dihubungkan dengan node berikutnya.
Keuntungan :
- Hemat kabel
- Dapat menghindari tabrakan file data yang dikirim
- Mudah untuk membangunnya
- Semua computer pada jaringan mempunyai status yang sama
Kerugiannya :
- Peka terhadap kesalahan
- Pengembangan jaringan yang lebih kaku
- Apabila kabel putus maka semua computer tidak dapat digunakan

4. Topologi Tree ( Hierarchy )
Meruapakan kombinasi karakteristik antara topologi star dan topologi bus.Topologi tree terdiri atas kumpulan topologi star yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai backbone.hub satu dengan hub dengan lainnya sebagai jalur tulang punggung ( backbone ) yang mempunyai topologi bus.
Keuntungan :
- Mendukung komunikasi point-of-point
- Mudah untuk dikembangkan
- Control manajemen lebih mudah
- Didukung oleh hardware dan software dari beberapa perusahaan

Kerugian :
- Panjang dari setiap bagian sangat tergantung pada jenis kabel yang digunakan
- Jika jalur backbone putus maka semua bagian akan rusak
- Dapat terjadi tabrakan file data ( collision )
- Lebih sulit untuk mengkonfigurasi dan memasang kabel daripada topologi lain

5. Topologi Mesh
Jaringan dengan topologi mesh mempunyai jalu ganda dari setiap perangkat pada jaringan.Pada jaringan mesh yang murni setiap perangkat jaringan dihubungkan satu sama lain menggunakan jalur ganda untuk hub-hub utama sebagai jalur cadangan jika terjadi masalah di jalur utama.

D.Protokol-protokol LAN

Protokol adalah peraturan-peraturan yang dibuat agar perangkat jaringan antara computer satu dengan lainnya dapat saling berkomunikasi dengan baik.Protokol yang digunakan untuk jaringan LAN adalah Ethernet, Token Ring, FDDI ( Fiber Distributed Data Interface ) dan ATM ( Asynchronous Transfer Mode).

1. Ethernet
Merupakan teknologi layer fisik dan data link untuk Local Area Network ( LAN ).Protokol Ethernet merupakan protocol LAN yang paling banyak digunakan karena berkemampuan tinggi dengan biaya yang murah.

2. Token Ring
Diciptkan oleh perusahaan IBM menggunakan topologi berupa suatu lingkaran atau ring,yaitu computer-komputer diletakkan disekeliling lingkaran tersebut.kecepatan 4 Mbps dan 16 Mbps yang masih lambat.Komputer-komputer dihubungkan dengan jaringan token ring melalui suatu hub khusus untuk token ring disebut Multistation Access Unit ( MAU)

3. Fiber Distributed Data Interface ( FDDI )
Diciptakan oleh American National Standards Institute ( ANSI ) adalah protocol yang menggunakan lingkaran fiber optic ganda yang terdiri atas lingkaran primer dan sekunder.digunakan untuk pengiriman data.Lingkaran primer sebagai jaringan utam,Sekunder digunakan saat lingkaran primer rusak.

Jaringan FDDI kecepatannya 100 Mbps melalui media serat optic.Media serat optic digunakan FDDI adalah kabel multi-mode fiber optic tipe 62.5/125 pm.Lingkaran jaringan FDDI mencapai panjang 200 km dengan jumlah maksimal 500 komputer.Jarak maksimum antarkomputer 2 km.FDDI sarana penggunaan kabel tembaga ( cooper ) disebut Cooper Distributed Data Interface ( CDDI).
Keuntungan :
- Bandwitch yang sangat besar
- Tidak terganggu oleh sinyal listrik
- Mempunyai kemampuan untuk pemakaian jarak jauh

4. ATM
Asynchronous Transfer Mode ( ATM ) merupakan protocol yang diatur oleh suatu badan international ITUT ( International Telecommunications Union for Telecommunication Standardization Sector ) yang menggunakan ukuran frame dengan panjang tetap sebesar 53 byte yang disebut sel.
ATM menggunakan referensi modelnya sendiri.ATM sangat cepat dan dapat mempunyai bandwitch yang sangat besar menggunakan jalur transmisi cepat seperti SONET, DS-1,OC-3,OC-12,T3,FDDI 100Mbps dan fiber channel 155 Mbps.ATM dapat mengirimkan informasi berupa gambar,suara,maupun data.ATM menggunakan suatu metode yang disebut Quality of Service ( QOS ).

5. Model-model Referensi
a. Model Referensi OSI
OSI ( Open System Interconnection ) merupakan salah satu standar dalam protocol jaringan yang dikembangkan oleh ISO ( International Standarddization Organization ).
Tujuan :
- Menjadi patokan untuk perkembangkan prosedur komunikasi pada masa yang akan dating
- Mengatasi hubungan yang muncul antarpengguna
- Membagi permasalahan prosedur
- Memenuhi kebutuhan pengguna

Lapisan model referensi OSI:
- Physical layer : untuk menentukan karakteristik dari kabel
- Data link layer : menentukan protokol untuk pertukaran frame data yang melewati kabel
- Network layer : yang bertanggungjawab untuk menentukan rute paket ke tujuan yang seharusnya
- Transport layer : untuk menerima data dari session layer, memecah data menjadi bagian-bagian yang lebih kecil
- Session layer : untuk menetapkan session dengan pengguna lainnya
- Presentation layer : untuk melakukan terjemahan struktur data diantar berbagai arsitektur
- Application layer : untuk menyediakan akses tingkat aplikasi ke jaringan.

b. Model Referensi TCP/IP
Digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pemerintah.TCP merupakn kumpulan dari protokol-protokol yang digunakan untuk mengatur komunikasi data di dalam jaringan internet atau jarinagn yang luas.
Tujuan : agar data atau informasi yang dikirimkan dapat sampai ke komputer tujuaan dengan tepat.
Keempat layer TCP :
- Network Interface layer : untuk menerima data dari dan ke media fisik.
- Internet layer : tugas mengirimkan data kealamat yang tepat pada tujuan.
- Transport layer : untuk mengadakan kontak dan mengatur aliran data antara dua host atau komputer.
- Application layer : tempat untuk semua aplikasi yang menggunakan protokol TCP
Perbedaan model OSI dan TCP/IP :
- TCP mengkombinasikan presentation layer dan session layer pada lapisan aplikasi.
- TCP menggabungkan data link dan physical layer menjadi satu lapisan.

E.Mengindentifikasi Perbedaan LAN dan WAN

Dalam jaringan computer,terdpat dua atau lebih computer yang dihubungkan melalui suatu media dan perangkat komunikasi data yang bertujuan untuk berkomunikasi dan berbagi sumber daya seperti pertukaran data dan printer.

1. Local Area Network ( LAN )
Merupakan sejumlah computer dengan perangkat pendukungnya yang terhubung dan saling berkomunikasi dalam area tertentu yang tidak terlalu luas, seperti dalam satu kantor atau gedung.

2. Wide Area Network ( WAN )
Merupakan gabungan dari LAN yang ruang lingkupnya dapat berupa satu lokasi, misalnya gedung bertingkat atau juga dapat tersebar di beberapa lokasi diseluruh dunia.

3. Perbedaan Gateway, Router, Hub, Switch, dan Bridge

a.Gateway
adalah sebuah computer khusu yang dapat melakukan perubahan ( translation ) sehingga memungkinkan terjadinya komunikasi antardua atau lebih system yang berbeda pada jaringan computer.
b.Router
Merupakan alat yang dapat menghubungkan dua atau lebih jaringan computer yang berbeda juga pengarah paket menuju jaringan yang diinginkan.Fungsinya : penyeleksian data yang ditransfer pada tingkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan cara bridge.
Router merupakan sebauh peralatan jaringan yang mempunyai dua fungsi utama :
- Menentukan rute terbaik untuk menuju ke tujuan
- Memindahkan data dari sumber ke tujuan
Router dapat berupa hardware maupun software :
- Router hardware, contoh Cisco,juniper, 3COM
- PC based router
Router dibagi menjadi dua :
- Static routing
Berarti routing table diubah secarmanual sehingga jika terjadi perubahan routing table harus dilakukan secara manual oleh administratornya.
- Dynamic routing
Merupakan routing yang dapat berubah secara cepat melalui proses update berkala dan sebagai respon terhadap perubahan link cost.

c.Bridge
Merupakan sebuah alat pada jaringan computer yang berfungsi untuk memisahkan sebuah jaringan yang luas menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
Bridge akan menyeleksi data dengan cara mengeliminasi traffic yang tidak dibutuhkan dan meminimalkan peluang-peluang tabrakan dan dapat membagi traffic menjadi bagian-bagian tertentu dan melakukan filtering traffic berdasarkan MAC address

d.Hub
Merupakan sebuah alat yang bekerja di physical player pada OSI.Hub berfungsi sebagai konsentrator untuk menghubungkan komputer-komputer dalan konfigurasi star.
Keuntungan hub adalah fleksibilitas yang dimiliki,sehingga setiap client dapat ditambahkan setiap waktu tanpa mengganggu jaringan yang sedang beroperasi.
Tiga tipe hub dipasaran :
- Passive hubs
Hub-hub pasif tidak memperkuat sinyak elektrik dari paket-paket data yang masuk
- Active hubs
Hub-hub aktif yang memperkuat sinyal paket
- Intelligent hubs
Hub yang mempunyai fitur ekstra dari active hubs

e.Switch
Merupakn bridge yang mempunyai banyak port dan mempunyai domain collision tersendiri pada setiap portnya.
Kelebihannya :
- Mampu menginspeksi paket-paket
- Mampu menentukan sumber dan tujuan
- Mampu mem-forward paket-paket dengan tepat

F.Prinsip Komunikasi Data
Tujuan : untuk pertukaran data antar dua entitas.
Elemen kunci dari komunikasi :
- Source ( sumber ) : perangkat yang membangkitkan data untuk transmisi.contoh telepon dan komputer.
- Transmitter ( pemancar ) : untuk mengubah dan mengkodekan data dan informasi yang ditransmisi sesuai dengan karakteristik sistem transmisi.contoh sinyal digital dari komputer
- Transmission system : media transmisi yang dapat berupa line transmisi tunggal maupun jaringan yang kompleks yang menhubungkan sumber dan tujuan.
- Receiver : menerima sinyal dari sistem transmisi dan mengubahnya kebentuk yang dapat ditangani oleh perangkat tujuan.contoh modem mengubah sinyal analog datang dari jaringan
- Destination : mengambil data yang datang dari receiver

Direct link digunakan untuk mengacu pada lintasan transmisi antardua perangkat dimana sinyal merambat dari transmitteer ke receiver tanpa perangkat.

G.Beberapa Macam Media Komunikasi
- Telepon / fax
Keuntungan komunikais telepon memungkinkan untuk melakukan diskusi jarak jauh.Dengan teknologi fax, dokumen tertulis dapat dikodekan dengan suara yang dapat disalurkan melalui telepon.
- Media Massa
Publikasi kegiatan organisasi atau produk barang dan jasa perusahaan umumnya dilakukan dengan bantuan media massa,baik media cetak seperti koran dan majalah, maupun suara atau gambar melalui radio dan televisi.
- Internet
Internet merupakan jaringan komputer untuk kepentingan pengiriman pesan atau surat.

H. Komunikasi Menggunakan Media Kabel dan Nirkabel

Dapat membangun jaringan komputer dengan menggunakan dua kategori media transmisi yaitu : Terarah (guided / wireline) dgn menggunakan kabel, dan tidak terarah (unguided / wireless)
1. Media Transmisi Menggunakan Media Kabel
Contoh :
a. Twisted Pair
Kabel berpasangan, dimana kabel tersebut dililitkan dengan pasangannya.
Ada pada kabel jaringan telepon.
Lebih cepat dibandingkan dengan kabel jenis koaksial.
1. Unshielded Twisted Pair (UTP)
Mempunyai diameter eksternal 0.43 cm, maka menjadi mudah pada saat instalasi.



Karateristik kabel UTP :
-Kecepatan dan keluaran 10-100 Mbps
-Biaya rata-rata per node murah
-Media dan ukuran konektor kecil
-Panjang kabel maksimal yang diizinkan yaitu 100 meter (pendek)

Keunggulan kabel UTP :
-mudah dipasang
-ukuran yang kecil
-harganya lebih murah
-rentan terhadap efek interferensi elektrik yang berasal dari media lainnya

2. Shielded Twisted Pair (STP)
Kabel STP mengkombinasikan teknik-teknik perlindungan dan antisipasi tekukan kabel.
STP memberikan jaminan proteksi jaringan dari interferensi-interferensi eksternal.
STP tidak dapat digunakan dengan jarak lebih jauh seperti media-media lain tanpa bantuan perangkat penguat.

Karateristik Kabel STP :
-Kecepatan dan keluaran 10-100 Mbps
-Biaya rata-rata per node lebih mahal dibandingkan dengan UTP dan coax
-Media dan ukuran konektor medium
-Panjng kabel maksimal yang diizinkan yaitu 100 meter (pendek)

b. Coaxial Cable ( Kabel Koaksial)
Dapat dijalankan tanpa banyak membutuhkan bantuan repeater sebagai penguat untuk komunikasi jarak jauh diantara node network, meski dapat diikutsertakan untuk meregenerasi sinyal-sinyal.
Digunakan untuk jaringan skala kecil, antara 5-10 komputer.
Terdapat pada kabel antena.
Untuk distribusi televisi, transmisi telepon jarak jauh, link pada sistem komputer, dan jaringan lokal.



Karateristik kabel koaksial :
-Kecepatan dan keluaran 10-100 Mbps
-Biaya rata-rata per node murah
-Media dan ukuran konektor medium
-Panjang kabel maksimal yang diizinkan yaitu 500 meter (medium)

c. Fiber Optic ( Serat Kaca )
Digunakan pada instalasi jaringan yang besar dan pada perusahaan multinasional dan untuk antarlantai atau antar gedung
Keuntungan-keuntungan memakai fiber optic :
-Beroprasi pada kecepatan tinggi
-Mampu membawa paket-paket berkapasitas besar
-Sinyal-sinyal dapat ditransmisikan lebih jauh tanpa memerlukan perlakuan “refresh” atau dipekuat
-Daya tahan kuat terhadap impas elektromagnetik
-Membutuhkan biaya perawatan relatif lebih murah

Tipe-tipe Kabel fiber optic :
-Single mode
-Multimode
-Plastic optical fiber

Karateristik fiber optic :
-Kecepatan dan keluaran 100+ Mbps
-Biaya rata-rata per node cukup mahal
-Media dan ukuran konektor kecil
-Panjang kabel maksimal yang diizinkan yaitu 2 kn (panjang)



2. Media Transmisi Menggunakan Media Nirkabel
Terdapat 2 tipe konfigurasi untuk transmisi wireless : directional & omnidirectional

3 range frekuensi umum dalam transmisi wireless :
a. Frekuensi microwave dengan range 2-40 Gh, untuk transmisi point-to-point. Juga digunakan untuk transmisi satelit
b. Frekuensi dalam range 30 Mhz-1 Ghz, untuk aplikasi omnidirectional. Untuk range broadcast radio.
c. Range frekuensi antara 300-200-000 Ghz, untuk aplikasi lokal yaitu spektrum infra merah. Untuk aplikasi point-to-point & multipoint dalam area terbatas.

a.Terrestrial microwave
b.Satellite Microwave
c.Broadcast Radio
d.Infrared
e.Bluetooth

I. Menggambarkan Antarmuka Komputer dengan Saluran Komunikasi
Langkah-langkah menghubungkan koneksi internet melalui saluran telepon rumah, misalnya dengan menggunakan Telkomnet Instan :
1.Klik Start pada taskbar-Control Panel
2.Pilih Network and Internet Connnections
3.Klik Network Connections
4.Klik Create a new connection pada Network Tasks di jendela sebelah kiri
5.Tekan tombol Next, pada jendela New Connections Wizard
6.Pilih Connect to the Internet-Next
7.Pilih Set up my connection manually-Next
8.Pilih Connect using a dial-up modem-Next
9.Masukan nama ISP dibawah kolom ISP Name. Contoh : “Telkomnet Instan”
10.Masukan nomor telepon untuk dial ke ISP tersebut. Contoh : “080989999”
11.Masukan username, dan password. Contoh : Username :”telkomnet@instan” dan Password juga Confirm Password :”telkom”
12.Siap dihubungkan dengan internet, Tekan tombol Finish
13.Untuk melakukan koneksi Internet, dapat langsung mengklik ikon koneksi yang sudah terbentuk atau melalui menu Connect To melalui tombol start pada taskbar
14.Jika koneksi terjadi akan muncul kotak “Connecting Telkomnet Instan...”
15.Jika sudah terkoneksi dapat dilihat keepatan koneksi Telkomnet Instan malalui kotak “Telkomnet Instan Status”

J. Komunikasi Data Antarkomputer dalam LAN

LAN digunakan dua macam konfigurasi jaringan, yaitu Peer to Peer dan Client/server.Peer to Peer digunaka untuk koneksi dengan jumlah komputer yang tidak terlalu banyak.Peer to Peer digunakan untuk menghubungkan dua komputer untuk pertukaran data.Kabel yang digunakan adalah Kabel cross-over.
Jaringan cliebt digunakan untuk jaringan yang besar yang mempunyai banyak koneksi antar komputernya.server bertindak sebagai penyimpanan data dan aplikasi yang digunakan dan dishare oleh komputer lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar