Jumat, 11 Juni 2010

KELAS X BAB 9 MENGINDENTIFIKASI FUNGSI PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA

A.Fungsi dan Fasilitas dari Aplikasi Microsoft Word

Keunggulan dari Microsoft Word adalah :
1. Mudah dalam pengoperasian
2. Mudah memanajemen file dan fasilitas autorecovery bila terjadi padam listrik
3. Kualitas baik dan bagus dalam pencetakkan
4. WYSIWYG ( What You See Is What You Get ), yaitu apa yang dilihat di monitor akan sama dengan hasil cetakan.
5. Dapat melakukan pengiriman e-mail dan fax langsung terhubung dengan internet 6. Mampu menyisipkan gambar dan grafik ataupun objek lainnya yang membuat naskah terlihat lebih menarik
7. Kemampuan menyimpa file dalam bentuk web

B. Mengaktifkan Aplikasi Microsoft Word

Klik tombol Start > All Programs > Microsoft Word > Lembar kerja akan tampil di layar monitor



C. Menu dan Ikon pada Aplikasi Microsoft Word

1. Menu File

- New, berfungsi untuk membuat file (dokumen baru)
- New Blank Document, membuat dokumen baru dari kotak dialog New.
- Open, membuka file dokumen yang sudah pernah dibuat atau yang ada.
- Close dan Close All, menutup dokumen yang sedang aktif dan menutup semua dokumen yang aktif
- Save, menyimpan dokumen yang masih aktif.
- Save As, menyimpan dokumen yang belum diberi nama atau mengganti nama file dokumen yang akan disimpan
- Page Setup, mengatur tampilan halaman yang akan dicetak pada dokumen
- Print Preview, melihat tampilan dari dokumen yang telah dibuat dan yang akan dicetak
- Print, mencetak dokumen dan juga digunakan untuk mengatur halaman
- Print Setup, men-set jenis printer yang akan anda gunakan untuk mencetak
- Properties, membuat rangkuman dari dokumen yang aktif
- Exit, keluar dari Word dan menutup seluruh dokumen yang ada.

2. Menu Edit

Menu yang berhubungan dengan penyuntingan (editing) terhadap file dokumen dengan submenu sebagai berikut :
Submenu
Fungsi
1. Undo, Membatalkan perintah yang terakhir dilakukan
2. Repeat, Mengulangi perintah terakhir yang sebelumnya dibatalkan melalui perintah undo
3. Cut, Memotong sebagian atau seluruh data
4. Copi, Menyalin data
5. Paste, Menyisipkan / meletakkan hasil copi dan cut
6. Paste Special, Fasilitas pendukung perintah cut dan copi terhadap hyperlink pada dokumen
7. Clear, Membersihkan atau menghapus semua data yang ada di dokumen
8. Select All, Memilih (memblok) seluruh isi dari dokumen
9. Find, Mencari data pada dokumen
10. Replace, Menggantikan data pada dokumen dengan data baru
11. Go to, Berpindah ke halaman tertentu dari dokumen bagian – bagian dari dokumen atau footnote
12. Link, Menampilkan atau mengubah setiap link yang ada di file dokumen
13. Objek, Mengedit objek yang berasal dari insert yang berhubungan dengan link (objek Clipart, dll)

3. Menu View

Menu yang berhubungan dengan tampilan dari file dokumen dengan sub menu sebagai berikut :
Submenu
Fungsi
1. Normal menampilkan dokumen dalam status normal
2. Web Layouts menampilkan dokumen dalam layouts web
3. Print Layouts menentukan dokumen dalam layouts cetak
4. Outline menampilkan struktur dokumen
5. Toolbar memunculkan toolbar words
6. Ruler memunculkan mistar dokumen
7. Dokumen map memunculkan bagian dari sub bagian dari dokumen pada jendela tersendiri
8. Header dan Footer membuat header dan footer sebagai efek cetakan
9. Comments menampilkan toolbars reviewing dan comment pada dokumen
10. Footnotes menampilkan cetakan kaki dokumen
11. Fullscreen menampilkan dokumen satu tayangan penuh
12. Zoom mengubah ukuran penampilan dokumen words

4. Menu Insert

Menu yang berhubungan dengan penyisipan pada file dokumen dengan sub menu sebagai berikut :
Submenu
Fungsi
1. Break, untuk membuat pemutusan halaman, section, kolom atau pun teks dari dokumen word
2. Page numbers, menyisipkan nomor halaman
3. Date and Time, menyisipkan tanggal dan waktu
4. Autotext, menyisipkan text tertentu
5. Field, menyisipkan field
6. Symbol, menyisipkan symbol
7. Comments, memberikan komentar lembar kerja
8. Footnote, menyisipkan catatan kaki dokumen
9. Cattions, menyisipkan judul table grafik atau persamaan dalam table
10. Croosreverense, menyisipkan reverensi silang
11. Index dan Tables, menyisipkan indeks dokumen, daftar isi, daftar gambar
12. Picture, menyisipkan gambar dari fasilitas cliptart, pronfile autosave organitations cart dan wordart
13. Textbox, menyisipkan kotak yang dapat diisi teks
14. File, menyisipkan file dokumen
15. Object, menyisipkan objek
16. Bookmark, menyisipkan bookmark
17. Hyperlink, menyisipkan teks dan gambar hyperlink pada lembar kerja dan membuat shortcut dalam membuka lembar kerja yang tersimpan di piranti penyimpanan

5. Menu Format

Menu yang berhubungan dengan operasi pengaturan terhadap file dokumen dengan submenus sebagai berikut :
Submenu
Fungsi
1. Font, mengatur tampilan font yang digunakan dalam dokumen
2. Paragraph, mengatur paragraph
3. Bullet and Numbering, mengatur pemberian tanda dan penomoran item
4. Border and Shading, mengatur batas-batas dan pembuatan efek bayangan
5. Columns, mengatur laju kolom dalam dokumen
6. Tabs, mengatur letak tabulasi dokumen
7. Changecase, mengubah huruf capital
8. Background, mengatur warna latar belakang dari dokumen
9. Theme, mengganti style dokumen
10. Frames, mengatur frames
11. Autoformat, mengatur secara otomatis
12. Style, mengatur style paragraph

6. Menu Tools

1.Spelling and Grammar, menjalankan fasilitas pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau paragraph dalam di dokumen
2. Dictionary, menjalankan fasilitas kamus dalam dokumen
3.Grammar, pengaturan tata bahasa dalam dokumen
4. Word Count, memberikan data statistic tentang jumlah halaman, kata, karakter, paragraf dan baris yang terdapat dalam dokumen yang aktif.
5. Auto Correct, memberbaiki teks secara otomatis
6. Track Changes, melihat pengubahan pada dokumen yang telah dilakukan, menerima atau menolak pengubahan yang telah dilakukan
7. Compare Documents, membandingkan dokumen yang aktif dengan dokumen lainnya.
8. Merge Documents, menggabungkan dokumen aktif yang telah diubah oleh track changes ke dalam dokumen yang telah dispesifikasikan
9. Protect Documents, melindungi dokumen agar aman dari pengubahan di dalam dokumen
10. Envelopes and Labels, membuat surat melalui fasilitas wizard.

7. Menu Table

Sesuai dengan namanya, menu table digunakan untuk membuat table engatur banyaknya kolom maupun baris, mengatur besar kecil table, menambah kolom, baris
1. Insert Table, menyisipkan table baru ke dalam dokumen anda
2. Insert Excel Spreadsheet, menyisipkan lembar kerja excel ke dokumen Word
3. Delete Cells, menghapus sel pada table dalam dokumen
4. Delete Rows, menghapus baris pada table dalam dokumen
5. Delete Colomn, menghapus kolom pada table dalam dokumen
6. Grislines, menampilkan atau menyembunyikan garis Bantu (gridline) pada table anda
7. Table AutoFormat, membuat format table secara otomatis yang telah disediakan Word
8. AutoSum, menjumlahkan bilangan pada table di dalam dokumen secara otomatis
9. Sort Ascending, mensortir data dan menyusunnya menurut abjad A s.d Z
10. Sort Descending, mensortir data dan menyusunnya menurut abjad Z s.d A
11. Table Insert, membuat table sisipan pada table di dalam dokumen
12. Tables and Borders Toolbar, membuat bingkai dan table melalui toolbar yang ada di Word
13. Draw Table, menampilkan toolbar Tables and Borders yang bertujuan membuat gambar table dengan fasilitas-fasilitas yang ada pada Word
14. Merge Cells, menggabungkan isi dari sel yang terpisah menjadi satu sel
15. Split Cells, membagi sel menjadi beberapa baris dan kolom
16. Align Top, meletakkan isi sel di atas
17. Centre Vertically, meletakkan isi sel di tengah-tengah secara vertikal
18. Align Bottom, meletakkan isi sel di bawah
19. Cell Alignment, pengaturan letak isi sel rata kiri.

8. Menu Window

Menu window ini berfungsi untuk melihat berapa banyak file microsoft word 2003 yang sedang kita buka dan kita kerjakan.

1. New Window, memperlihatkan dokumen yang sama dalam jendela berbeda
2. Arrange All, mengatur jendela dari dokumen aktif agar dapat melihat seluruh dokumen aktif dengan ukuran sama dalam waktu yang sama
3. Split, membagi menjadi dua bagian pada dokumen pada waktu yang sama

9. Menu Help

Menu ini berisi tentang petunjuk dan tata cara dalam mengoperasikan microsoft word 2003 sehingga dapat mempermudah kita dalam menggunakannya.
1. Contents and Index, mengaktifkan fasilitas bantuan berdasarkan isi (content), indeks (index), pencarian (find) terhadap kata tertentu yang diketik dari masalah yang dihadapi
2. About Microsoft Word, menampilkan kotak dialog tentang Microsoft Word yang anda dunakan (misalnya MS Word 2000, 2002, XP dan seterusnya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar