Kamis, 26 November 2009

BAB 2. Menggunakan Internet Untuk Memperoleh Informasi

Internet dapat memberikan manfaat dari berbagai macam bidang. Berikut adalah beberapa bidang yang mempunyai manfaat yaitu :

1. Informasi
Dengan adanya Internet, dunia ilmu pengetahuan semakin terbuka bagi kita, penyebaran informasipun semakin cepat, segala informasi di belahan dunia manapun dapat diperoleh dalam sekejap. Informasi yang tadinya sulit diperoleh, saat ini sudah bukan sesuatu yang sulit lagi. Ini semua dimungkinkan dengan adanya fasilitas Searh Engines, atau mesin pencari dalam dunia Internet, yang artinya adalah pencarian segala informasi yang kita perlukan, yang bisa saja berupa data, file, gambar, musik, maupun film.
Search engine yang biasanya digunakan adalah http://www.yahoo.com, http://www.msn.com, dan http://www.yahoo.com

2. Keagamaan

Internet dimanfaatkan untuk sarana dakwah maupun diskusi keagamaan. Kegiatan zakat dan infak juga dapat dilaksanakan dengan cepat.

3. hiburan

Kita dapat bermain game online, kita juga dapat mendapatkan klip-klip MP3 dari lagu-lagu favoritr dengan mudah.

4. Berita

Sekarang tidak lagi membutuhkan waktu menunggu hingga pagi, hanya untuk membaca berita, banyak sudah halaman-halaman Web yang menyediakan berita-berita dunia secara up-to-date dan selalu diperbaharui dari waktu ke waktu sesuai perkembangan berita yang ada. Berita-berita yang tersaji dalam halaman-halaman Web tersebut pun terbilang lengkap, mulai dari berit-berita olahraga, politik, keuangan, cuaca dan sebagainya. Site-site menarik tersebut antara lain :
* http://www.detik.com, Web Site berita yang mengupdate beritanya setiap beberapa menit, menyajikan berita-berita aktual ditanah air.
* http://www.jawapos.co.id, Merupakan Official website dari koran Jawa Pos.
* http://www.kompas.com, Merupakan Official website dari koran Jawa Pos.

5. Perpustakaan


Selain hal-hal tersebut diatas, Internet juga menyediakan fasilitas Perpustaakan Online, yang berupa kumpulan-kumpulan Web sites dari perpustakaan kelas dunia. Dalam Site ini kita dapat memperoleh buku-buku yang dapat kita baca secara online maupun offline (setelah kita download terlebih dulu) secara gratis, buku-buku tersebut mulai dari ensiklopedia, Novel, Iptek, dan sebagainya. Tentunya tidak semua buku yang kita inginkan tersedia secara gratis, ada beberapa yang harus kita beli secara online yang biasanya transaksi tersebut dalam bentuk transaksi kartu kredit. Berikut ini adalah beberapa Web sites penyedia Perpustakaan Online tersebut :
* (http://onlinebooks.library.upenn.edu/ )
* (http://perpustakan-online.blogspot.com)

6. Pendidikan/akademis


Salah satu website yang ada di Internet yang dapat membantu kita mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan kita adalah Website yang mengkhususkan pada Informasi seputar Pendidikan. Salah satunya adalah website dengan alamat: www.apasich.com. Website ini bermuatan lokal dan mencakup seluruh informasi, data serta statistik yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan dunia Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan di Tanah Air kita.


• Mendeskripsikan URL dan Homepage

URL : Istilah ini pada dasarnya sama dengan URI, tetapi istilah URI lebih banyak digunakan untuk menggantikan URL dalam spesifikasi teknis.
URL merupakan cara penamaan sebuah berkas di Internet. URL menunjukkan bagaimana mendapatkan berkas tersebut di Internet. Contoh dari URL:
ftp://ftp.ee.umanitoba.ca/pub/ ublic l n/00-index.txt
Dalam contoh di atas, ditunjukkan bagaimana mendapatkan berkas {00-index.txt}, yaitu dengan menggunakan protokol FTP, di mesin yang bernama {ftp.ee.umanitoba.ca}, dan berkas berada di direktori {pub/ ublic l n}.
Secara umum, URL memiliki keterangan sebagai berikut:
ublic l://nama-mesin[:nomor-port]/direktori/menuju/namafile
Protokol yang umum digunakan antara lain: http, ftp, news, file.
Nomor port apabila dihilangkan dianggap menggunakan port {80}. Seringkali untuk testing digunakan nomor port {8000}, {8001}, atau {8080}. Penggunaan nomor port diawali dengan tanda {titik dua}. Misalnya: {www.detik.com:8080}.

Homepage :
Sebuah situs web (sering pula disingkat menjadi situs saja; web site, site) adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau subdomain di World Wide Web (WWW) di Internet. WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia kepada ublic. Halaman-halaman sebuah situs web diakses dari sebuah URL yang menjadi “akar” (root), yang disebut homepage (halaman induk; sering diterjemahkan menjadi “beranda”, “halaman muka”), dan biasanya disimpan dalam server yang sama. Tidak semua situs web dapat diakses dengan gratis. Beberapa situs web memerlukan pembayaran agar dapat menjadi pelanggan, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surat elektronik (e-mail), dan lain-lain.


• Mendeskripsikan HTML dan Hypertext



HTML : adalah ringkasan daripada Hypertext Markup Language. Fungsinya adalah untuk mengatur struktur tampilan dokumen tersebut dan juga untuk menampilkan "links" atau sambungan ke lokasi di internet yang lain. Biasanya sebuah dokumen HTML disimpan dengan menggunakan nama belakang .html (bagi sistem operasi UNIX, Macintosh® dan Windows95®) atau .htm (bagi Windows® 3.1).

Hypertext : adalah teks, ditampilkan pada sebuah komputer, dengan referensi (hyperlink) ke teks yang lain pembaca dapat segera mengakses, biasanya dengan menekan tombol mouse klik atau urutan. Selain dari running text, hypertext dapat berisi tabel, gambar dan alat presentasi lainnya. Interaksi cara-cara lain juga dapat hadir, seperti gelembung dengan teks yang muncul ketika mouse di atas sebuah area tertentu, mulai dari klip video, atau formulir untuk lengkapi dan kirimkan. Contoh yang paling luas dari hypertext saat ini adalah World Wide Web.



• Situs yang menyediakan Search Engine



Search Engine : Search engine atau mesin pencari merupakan sebuah website yang mempu mengindeks berbagai URL atau alamat web yang berada di dunia maya sehingga mempunyai database besar tentang berbagai URL lengkan dengan deskripsinya. Search engine bertujuan untuk memudahkan seseorang dalam menemukan apa yang dicari dalam dunia maya sesuai dengan apa yang diinginkan. Bisa dibayangkan, dalam hitungan detik dapat ditemukan ratusan ribu informasi yang diinginkan. Berbagai format file dapat dibaca oleh search engine, baik berupa teks, gambar, suara, video, presentasi, animasi maupun file asli. Jutaan orang memanfaatkan mesin pencari secara bersamaan dalam waktu 24 jam non-stop setiap harinya. Hal inilah yang menyebabkan search engine sebagai fasilitas vital di intenet.


CONTOH SEARCH ENGINE

Secara garis besar, search engine dapat dibedakan menjadi dua kelompok yaitu: individual search engine dan meta search engine. Sistem kerja Individual Search Engine adalah dengan cara mengumpulkan data dari web kemudian menampilkan hasil temuan tersebut berdasarkan indeks pada basis data secara individu (sendiri). Beberapa contoh search engine dalam kelompok ini yaitu:
Google (www.google.com)
Hotbot (www.hotbot.com)
FastSearch (www.fastsearch.com)
All The Web (www.alltheweb.com)
dan lain-lain.


• Mengidentifikasi Elemen-Elemen Dalam Dokumen HTML


Tag adalah kode yang berada di antara tanda < dan >
elemen yang dibutuhkan untuk membuat dokumen HTML dinyatakan dengan tag html, head, dan body berikut tag-tag pasangannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar